Cara merakit Ampli Gitar

Posted: Desember 6, 2012 in Perangkat Musik
Tag:, , , , , ,

Bagi para pemusik, khususnya pemain gitar pasti sudah sangat akrab dengan yang namanya ampli gitar. tapi tahukah anda bahwa ampli dan Speaker aktif  itu memiliki sistem cara kerja audio yang sama. Mulai dari Power Suplly sampai Speakernya.

Okey, sekarang saya akan kasitau cara praktis untuk membuat ampli gitar. adapun bahan yang diperlukan adalah sbb :

 

BAHAN MEMBUAT AMPLI SEDERHANA

1. Kotak ampli

2. Power ampli/Tone Control ampli

3. Pre amp ampli

4. Speaker

POWER SUPPLY

1. Trafo CT 5 Ampere

2. Dioda Silicon 5 Ampere (4 Buah)

3. Elco/ Kapasitor 2000uf/50Volt (2 Buah)

PERALATAN

1. Solder

2. Kabel Secukupnya

3. Multitester

4. Gunting

5. Selotip.

Keterangan :

1. Kotak Speaker : silahkan kunjungi jasa perakitan box speaker di kota kamu. kamu bisa tentuan ukuran sesuai permintaan kamu kepada mereka

2. Power Ampli/ Tone Control : Kunjungi Toko Elektronika yang menyediakan komponen dasar elektronika, tanyakan kepada seller bahwa yang kamu butuhkan adalah Komponen Power ampli lengkap dengan Tone control nya,karena ada beberapa komponen power ampli tidak lengkap dengan tone controlnya,supaya kerjaan tidak terlalu ribet silahkan anda minta yang lengkap dengan tone control nya  seperti gambar berikuti ini.

3. Speaker : Ukuran disesuaikan dengan jumlah watt yang tertera pada kotak saat pembelian komponen power/tone control ampli

4. Power supply / Adaptor : Terlebih dahulu tanyakan ke seller apakah didalam komponen power/tone control ampli yang anda beli sudah terdapat rangkaian adaptor.. kalau belum, berarti anda harus merakit power suplly/adaptor yang nantinya akan dirangkai secara terpisah dengan power ampli/ tone control

Cara Perakitan :

Siapkan dulu adaptor/power supply nya caranya seperti ini :

Ambil trafo CT, Elco, Dioda silikon . gabungkan ke empat dioda silikon. caranya lihat dulu gambar dibawah ini

dioda

Trafo-771715

Gambar pertama adalah dioda dengan wujud asli dan lambang nya. dioda itu dilambangkan dengan tanda panah. nahh, untuk menggabungkan keempat dioda silikon coba perhatikan gambar ke dua. disana ada empat tanda panah brlawanan arah. okey, sekarang keemat dioda yang kamu miliki digabung sesuai lambang panah digambar no dua. jangan sampai salah menempatkan.

Gabungkan kedua ELCO . dibawah ini hanya gambar contoh ELCO. coba samakan dengan ELCO yang anda beli, cara menggabung elco, kamu cukup hubungkan kaki negatif elco I dengan kaki positif  Elco ke IIElco

Setelah kedua elco bersatu. gabungkan kaki negatif dan positif yang tersisa (kanan kiri) seperti gambar dibawah ini

rangkaian-power-supplay

Nahh. . setelah lingkaran dioda dan elco bersatu.. gabungkan dengan trafo CT. skema nya sama seperti gambar disamping ini. ingat, jangan lupa hubungakn kabel dari CT trafo ke bagian persambungan antara Elco 1 dan Elco 2. seperti gambar disamping.

okey, adaptor/power supply telah selesai dirakit.

NB : Sekedar pemberitahuan, mungkin di dalam rangkaian power ampli yang anda beli sudah terdapat adaptor/power suplly nya, so anda gak perlu merakit adaptor lagi. cara mengetahuinya adalah dengan ciri khas adanya dua buah Elco BESAR dalam rangkaian serta 4 buah dioda. itu menandakan bahwa didalam rangkaian power ampli anda sudah terdapat adaptor. so kerjaan sudah semakin gampang. tinggal anda sambungkan saja trafo ke dalam rangkaian adaptor yang ada di power ampli berdasarkan skema di atas.

Nah, apabila ternyata didalam rangkaian ampli anda tidak terdapat adaptor, abaikan catatan “NB” tersebut dan lanjutkan ke tahap dibawah ini.

Sekarang kita ambil Rangkaian power ampli yang sudah dilengkapi dengan tone control. kira-kira bentuknya

seperti gambar inifk617l

Hubungkan bagian negatif serta positif  adaptor ke bagian positif/negatif power ampli. untuk bagian CT adaptor,kamu hubungkan ke bagian CT power ampli. okey setelah itu ambil speaker dan hubungkan ke bagian speaker power ampli dengan menggunakan kabel. sekarang kamu test suaranya melalui speaker, caranya coba kamu sentuh bagian bawah papan chasis nya, sentuh di bagian komponen tertentu seperti IC atu Transistor. nah kalo sudah terdengar suara getaran kuat di speaker, berarti ampli kamu telah berfungsi dengan baik. silahkan desain sendiri posisinya didalam kotak/BOX. jangan lupa, untuk membuat smbungan input dari jack. lihat tanda input didalam papan chasis.

NB: Tutorial ini hanya berlaku untuk yang memiliki dasar elektronika yang cukup. tidak disarankan kepada orang yang tidak memiliki dasar elektronika samasekali.

About these ads
Komentar
  1. raditt mengatakan:

    Pengetahuan yg menarik sob, , ane pngen coba ,cuma dasar elektronika ane kurang sob. .

  2. jane mengatakan:

    nice info sob . . .

  3. deddy mengatakan:

    Niceee . . .tambahin lagi yang kurangnya gannn . . .

  4. wandha mengatakan:

    Nice info mass . . .

  5. wawan mengatakan:

    itu yg brapa watt sih gan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s